Tuesday, February 19, 2019

DI ATAS LANGIT MASIH ADA LANGIT


“Setiap orang memiliki talenta yang berbeda-beda, setiap manusia memiliki keunikan sendiri.” – itu adalah pepatah yang cukup terkenal dan memang benar adanya.

Mengapa saya bisa bilang benar? Karena saya merasakan hal itu sendiri.
Sedikit cerita, saya berasal dari sebuah kabupaten kecil di Kalimantan Barat. Lingkup pergaulan saya sejak kecil juga tidak luas; apalagi saya bersekolah di satu yayasan yang sama sejak SD hingga SMA. Sejak SD, saya dikenal sebagai anak yang cukup pintar dalam kelas terutama dalam kelas Bahasa Inggris dan Mandarin. Selain itu, dalam lingkup pertemanan di luar sekolah juga saya dikenal sebagai pribadi yang berani berbicara depan publik, aktif, dan kritis.

Saya menjadi siswi yang sering dipercaya teman hingga sekolah untuk melakukan kegiatan akademik seperti membantu teman belajar hingga ikut olimpiade dan debat. Saat SMA, saya mengikuti debat bahasa Inggris dan menjadi juara I.

Tidak bisa dipungkiri, dengan prestasi yang saya dapatkan membuat saya memiliki kepercayaan diri lebih. Saya merasa saya sudah menjadi anak yang pintar; tapi saya tetap sadar bahwa saya tidak boleh sombong.

Masa sekolah telah usai, saya memasuki fase kehidupan perkuliahan dimana saya merantau. Setelah merantau, banyak hal yang membuat saya terkejut. Mulai dari kepribadian orang-orang dan teman baru, gaya hidup, dan keahlian setiap orang yang berbeda-beda. Saat saya di sini, saya menemukan banyak orang seperti saya, atau bahkan lebih pintar dan kritis dari pada saya.

Hal ini membuat saya tersadar bahwa dunia luar sangat luas dan kita tidak boleh merasa terlalu bangga pada diri sendiri karena masih banyak orang yang ternyata kemampuannya lebih dari pada kita.

Pepatah “Di atas langit masih ada langit” adalah kalimat yang pas untuk hal ini. Kita boleh berbangga, tapi jangan sampai lupa diri. Jangan mudah puas, kita harus tetap belajar untuk mencapai our best. Jangan lupa pula untuk mengajarkan sesama karena dengan membagi ilmu ke orang lain; kita bisa mendapat tambahan ilmu untuk diri sendiri.

No comments:

Post a Comment

What's your opinion?