Saturday, February 23, 2019

SEMUA ORANG ADA WAKTU "MATI"-NYA


Mengeluh merupakan hal yang manusiawi jika sedang lelah menghadapi suatu hal. Biasanya, saat kita mulai jenuh, atau mulai tidak suka dalam mengerjakan satu hal, secara alamiah kita akan mengeluh.

Keluhan tiap orang berbeda-beda, begitu pula dengan cara mengekspresikannya. Ada orang yang memendamnya sendiri, ada yang mencari kesibukan untuk melupakan kelelahannya, ada juga yang ekspresif; menceritakan keluhan dan masalahnya pada orang lain. Semua hal tersebut tidak ada yang salah. Namun, satu hal yang patut diperhatikan adalah jika Anda merupakan orang yang suka menceritakan masalah Anda pada orang lain.

Mengapa hal tersebut harus diperhatikan? Karena SEMUA ORANG MEMILIKI WAKTU “MATI” MASING-MASING. Pernahkah Anda berpikir tentang ini? Jika belum, mungkin Anda boleh mulai memikirkannya sekarang.
Konotasi “mati” di sini adalah saat kita merasa masalah begitu menekan kita, membuat kita sangat lelah dan tidak bersemangat dalam hidup.

Jangan sampai Anda merasa bahwa masalah Anda adalah yang paling berat, Anda tidak pernah tahu masalah orang lain seperti apa. Anda juga tidak pernah tahu seberapa kuat iman dan ketabahan seseorang dalam menghadapi sesuatu.

Tanpa Anda sadari, jika Anda terlalu banyak mengeluh ke orang yang sama-sama sedang “mati” atau mengeluh seolah-olah masalah Anda paling berat sejagad raya, Anda bisa membuat seseorang terganggu. Namun, saya bukan mengatakan Anda tidak boleh berkeluh kesah dengan orang lain, hanya perlu tahu batasannya saja.

Semua orang pasti pernah mengalami titik terendah mereka, yang benar-benar membuat mereka berubah atau terpuruk. Masalah terdiri dari berbagai macam, mulai dari masalah yang ringan hingga berat. Namun, kita harus selalu ingat bahwa SEMUA MASALAH MEMILIKI JALAN KELUARNYA. Tuhan tidak akan pernah memberikan cobaan di luar batasan umat-Nya. Oleh karena itu, kita harus tetap kuat dan tetap bersyukur akan apa yang diberikan dalam hidup ini.

Seperti pada tulisan sebelumnya, everything happens for reasons. Jadi, segala masalah kita juga pasti ada alasannya, pasti ada pelajaran yang bisa dipetik nantinya. Tetap semangat dalam menghadapi setiap masalah, ceritakan pada temanmu; namun tahu batasan; dan yakinlah masalahmu pasti bisa selesai.

No comments:

Post a Comment

What's your opinion?