Tuesday, March 5, 2019

DEMAM K-POP


K-Wave atau disebut juga dengan Korean Wave adalah istilah yang digunakan untuk menyebut dunia industri hiburan di Korea Selatan. Tidak dapat dipungkiri, Korea Selatan memiliki industri hiburan yang sangat luas dan mampu menyedot perhatian seluruh dunia. K-Wave ini terdiri dari K-drama, K-Music, dan K-Dance.

Artis-artis di sana biasanya disebut dengan idol. Biasanya, idol ini tergabung dalam satu girlgroup atau boygroup. Demam Korea ini sudah terjadi cukup lama di Indonesia, saya masih ingat saat itu saya masih duduk di bangku SD kelas lima (sekitar tahun 2009/2010) dan K-Pop sudah mulai merajalela hingga saat ini.

Korea Selatan memang patut diacungi jempol untuk urusan entertainment ini karena lagu, tarian, dan drama yang mereka suguhkan dapat dinikmati oleh banyak kalangan dan tentunya berkualitas. Bagaimana tidak? Jika seseorang ingin menjadi artis di Korea Selatan, mereka harus menempuh jalur training. Waktu training ini tidak singkat, cukup banyak idol yang menghabiskan waktunya hingga 10 tahun. Beberapa yang singkat setahu saya adalah 2 tahun.

Artis-artis tersebut dilatih agar dapat menjadi publik figur yang menjadi contoh yang baik bagi masyarakat, apalagi banyak idol yang juga masih remaja. Kekritisan orang Korea Selatan ini juga menjadi salah satu tuntutan bagi mereka yang berjuang ingin menjadi artis, karena jika mereka melakukan kesalahan sedikit maka akan langsung dihujat hingga bisa saja karirnya terancam. Calon-calon artis ini juga terus berlatih tanpa kepastian kapan mereka akan debut. Bisa saja jika calon artis tersebut tidak kuat, dia keluar saat dia masih menjadi trainee.

Namun, berkat kesulitan yang dialami, kesuksesan mereka juga akan mereka dapatkan. Sebut saja idola K-Pop masa kini, seperti BLACKPINK, BTS, TWICE, RED VELVET, EXO, dsb. Selain menyuguhkan hasil karya yang luar biasa, penampilan fisik dari artis-artis Korea tersebut juga menawan. Wajah yang cantik dan tampan, serta badan yang ramping adalah daya tarik mereka juga.
Oleh karena itu, tidak heran jika K-Pop merajalela dengan cepat, semua juga terjadi karena adanya proses sulit yang dilakukan.

No comments:

Post a Comment

What's your opinion?