Saturday, March 2, 2019

PENTING GAK SIH?

Kita hidup di era globalisasi. Semua berita dapat kita akses dengan mudah, bahkan hingga luar negeri sekalipun. Teknologi jiga mendukung hal tersebut, bahkan sekarang sudah banyak berita yang berasal dari masyarakat. Sumber informasi yang masyarakat terima juga mulai beragam, jika dulu hanya melalui koran, televisi, atau radio, maka sekarang hanya dengan sosial media kita sudah bisa mendapatkan berita dengan cepat.

Berbagai jenis berita juga dapat kita baca, mulai dari berita politik, ekonomi, sosial, hingga hiburan. Biasanya, genre hiburan adalah berita yang cukup banyak peminat karena semua kalangan dapat membacanya tanpa segmentasi yang terlalu spesifik. Namun, praktik ini sepertinya ada yang salah karena ada orang yang menggunakan lahan ini untuk mendapat keuntungan atau exposure lebih. Tidak hanya sebagai penerima berita, sekarang masyarakat juga ingin memproduksi berita dengan cara merekam kondisi di sekitar dia, terutama jika melihat artis saat menjalankan kehidupan pribadinya. 

Satu pertanyaan, seberapa penting sih kehidupan pribadi artis?

Tidak hanya masyarakat yang berusaha mengusik kehidupan mereka, tapi hingga media yang seolah-olah tidak ada berita lain yang lebih penting dan berguna untuk publik yang dapat dicari. Media berlomba-lomba hanya demi rating dan perhatian publik. Tapi, apa gunanya bagi kita untuk mengetahui kehidupan artis sedalam itu?

Apakah ada fungsinya bagi kita? Apakah akan berguna bagi kelangsungan hidup kita? Mungkin memang sebagai seorang publik figur, memang pasti harus siap menjadi sororan publik. Tapi, sebagai masyarakat juga kita harus tahu batasan sejauh apa kita dapat “mengusik” kehidupan publik figurnya.


Jadi, bijaklah dapat mengonsumsi berita. Alangkah lebih baik, kita dapat memilah dan mengonsumsi berita yang dapat berdampak dan berguna bagi kita sendiri dan orang banyak.

No comments:

Post a Comment

What's your opinion?