Wednesday, March 13, 2019

SALING MENGERTI


Dunia itu luas, isinya juga bermacam-macam mulai dari tumbuhan, hewan, manusia, hingga bakteri. Semua yang ada di dunia ini mungkin nampak sama dan satu spesies, namun sadar gak sih kalau sebenarnya semua itu tidak 100% sama?

Bentuk pohon kelapa secara kasat mata mungkin sama saja semuanya, tapi pasti ada bedanya, misal dari jumlah daun atau tekstur batangnya. Terlebih lagi dengan manusia. Tuhan menciptakan manusia berbeda-beda, bahkan yang kembar identik sekali pun. Kita tidak  bisa mengelompokkan semua orang itu sama.

Manusia berbeda-beda mulai dari bentuk tubuh, bentuk wajah, dan bentuk fisik lainnya. Tentunya untuk sifat dan karakter lebih berbeda lagi setiap individunya. Semakin kita mengenal banyak orang, semakin kita menemukan beragam sifat orang.

Dikarenakan semua perbedaan tersebut, kita sebagai makhluk sosial juga harus saling mengerti. Kita tidak bisa menuntut orang-orang tersebut untuk berperilaku dan bersikap sesuai dengan keinginan kita. Kita tidak boleh marah jika ada sifat orang lain yang bertentangan dengan kita, kecuali sifatnya itu salah dan sampai merugikan  kita.

Justru kita sebagai manusia harus saling memaklumi satu sama lain. Kita memiliki kemampuan beradaptasi, maka kita bisa gunakan kemampuan itu untuk bersosialisasi dengan lebih baik lagi. Kita turunkan ego kita masing-masing, kita coba untuk memposisikan diri sebagai orang lain tersebut. Jangan kita langsung men-judge orang lain tanpa kita tahu dan mencoba memahami keadaan sebenarnya.

Namun, selain memikirkan keinginan orang lain tentunya kita juga tetap harus memikirkan diri sendiri. Kita sangat boleh –bahkan dianjurkan untuk bersikap baik; tapi jangan sampai kebaikan kita menjadi bumerang. Bisa saja kebaikan kita disalahgunakan sehingga kita menjadi korban dari niat jahat orang lain. Maka, kita juga harus bijak untuk besikap baik di dunia yang kejam ini.

Kita harus banyak intropeksi pada diri sendiri, jangan terlalu egois dan banyak menuntut pada orang lain namun jangan juga terlalu polos dan baik hingga tidak memikirkan diri sendiri. Jika semua hal itu sudah seimbang, maka dalam hidup bersosialisasi juga akan baik adanya. Kuncinya adalah saling mengerti saja satu sama lain J

No comments:

Post a Comment

What's your opinion?