Saturday, March 9, 2019

GAYA HIDUP SEHAT

Hidup sehat bukan merupakan hal yang mudah. Mulai dari hal sederhana, seperti sarapan, makan siang, dan makan malam saja jika jarang sekali untuk melakukannya tepat waktu. Makan 4 sehat, 5 sempurna juga sudah jarang kita lakukan karena adanya kemudahan makanan yang instan.

Di dunia serba instan dan semua kesempatan dijadikan ladang ekonomi, membuat kita menjadi sedikit malas untuk melakukan gaya hidup sehat. Makanan dan minuman instan, rumah makan dimana-mana, tempat olahraga yang sekarang berbayar dan tidak murah harganya. Semua gaya hidup tersebut membuat pola hidup sehat sulit diatur. Belum ditambah dengan kenikmatan duniawi dimana banyak pengusaha yang membuat makanan yang unik.

Faktor lainnya juga seperti telepon genggam dan sosial media. Kita menjadi cenderung menghabiskan banyak waktu menatap benda persegi panjang ini dari pada melakukan hal lain yang mungkin lebih produktif. Sosial media dan telepon genggam ini juga membuat kecanduan sehingga dapat mengganggu waktu istirahat kita. Kita, terutama anak muda kerap begadang dengan memainkan telepon genggam ini.

Semua kebiasaan ini memang sulit dihentikan karena lingkungan sekitar juga mendukung gaya hidup seperti ini. Tapi, setidaknya kita bisa untuk mulai membatasi diri kita dalam segala aspek agar dapat lebih mendapatkan hidup yang sehat. Kita bisa mulai untuk lebih makan makanan yang sehat, seperti sayuran dan buah-buahan. Kita juga bisa melakukan olahraga ringan tanpa harus ke tempat olahraga. Kita perbaiki waktu makan kita pelan-pelan, mungkin jika terhambat dengan pekerjaan, lakukan hal ini saat waktu senggang.

Gaya hidup seperti ini tidak semerta-merta untuk menyusahkan kita, tapi ini akan berguna untuk kita sendiri ke depannya. Bayangkan jika kita tidak “mencintai” diri kita sendiri, apa yang akan terjadi? Mesin yang dipaksa untuk terus menerus bekerja pasti lama-lama akan rusak. Analogikan tubuh kita seperti mesin itu, mungkin saat ini kita masih muda dan metabolisme tubuh masih lancar, namun saat sudah tua, metabolisme tersebut akan menurun dan lama-lama akan berdampak dengan kesehatan kita.

Sudah menjadi rahasia umum bila kesehatan mahal harganya. Kita bisa kehilangan berpuluh-puluh juta hanya untuk berobat, atau bahkan ratusan.
Oleh karena itu, mari kita menjaga kesehatan kita sedari dini dengan gaya hidup sehat.

No comments:

Post a Comment

What's your opinion?