Sunday, March 10, 2019

PAHLAWAN MASA KINI


Dahulu kala, pahlawan suatu negara adalah orang yang memperjuangkan kemerdekaan negaranya hingga titik darah penghabisan. Mereka terjun ke medan perang dengan rasa ingin merdeka dan menang untuk negaranya. Meninggalkan keluarga demi kejayaan bangsa. Saat negaranya sudah merdeka, keguguran atau keberhasilan mereka akhirnya dikenang.

Sekarang, banyak negara yang sudah merdeka dan memiliki kedaulatannya masing-masing. Lantas, siapa yang layak kita sebut sebagai pahlawan zaman sekarang? Jika kita melihat guru, mereka adalah pahlawan tanpa tanda jasa karena mereka dengan sabar dan telaten karena mengajar generasi penerus bangsa agar dapat sukses ke depannya sehingga dapat menjadi pribadi yang berguna bagi bangsa dan negara pula.

Selain guru, ada salah satu pekerjaan lagi yang pantas kita sebut pelakunya sebagai pahlawan negara. Mereka adalah ATLET. Atlet dari berbagai cabang olahraga yang setiap lombanya membawa nama negaranya. Ketika menang, nama negara mereka juga yang disanjung.

Atlet-atlet tersebut juga berperang. Mereka berlatih setiap hari untuk dapat memberikan yang terbaik, mereka mengurangi waktu bersenang-senang mereka agar fisiknya dapat semakin bugar, mereka rela meninggalkan keluarga mereka untuk berminggu-minggu saat mengikuti turnamen. Saat berlomba, rasa nasionalisme mereka tidak perlu ditanyakan lagi. Pasti mereka ingin selalu memberikan yang terbaik dan memberikan kemenangan kepada negaranya.

Tidak ada atlet yang mau kalah saat bertanding, hanya kadang berbagai faktor membuat mereka bisa kalah. Rasa sedih dan kecewa pasti mereka rasakan pada diri mereka sendiri. Mereka akan merasa sebagai pahlawan yang kalah di medan perang. Tak jarang pula, saat mereka kalah maka negaranya malah mencaci maki mereka; seolah para atlet tersebut tidak ingin membanggakan negaranya.

Namun, saat menang seluruh negara bahkan dunia memuja mereka. Mereka dengan bangga menyanyikan lagu Indonesia Raya pada penyerahan piala atau medali, mereka menangis bangga saat bendera negaranya berada pada barisan paling tinggi. Semua kerja keras selama ini, mereka lakukan agar negaranya dapat ‘menang’ dan memberikan kebanggaan untuk negaranya agar diakui oleh negara lain.

Kesimpulannya, para atlet yang membela negara pasti sudah berjuang sekuat tenaga mereka.  Saat mereka kalah pun, pasti itu bukan keinginan mereka; dalam pertandingan sudah pasti akan ada yang menang dan kalah. Tapi, yang perlu diingat adalah mereka berkorban begitu banyak hanya untuk membanggakan negara mereka agar  dapat dielu-elukan oleh negara lain. Oleh karena itu, mari kita jangan menyalahkan para atlet saat mereka terpuruk; berikanlah kritik yang dapat membangun. Terus semangati mereka, karena mereka adalah...
PAHLAWAN BANGSA MASA KINI.

No comments:

Post a Comment

What's your opinion?